Xiaomi dan Oppo Latah Bikin Ponsel Layar Lipat

Telset.id, Jakarta – Ponsel layar lipat tampaknya bakal menjadi tren baru di industri gadget. Selain Huawei, produsen China lainnya seperti Oppo dan Xiaomi juga latah akan menghadirkan ponsel layar lipat.

Menurut XDA Developers, Oppo dan Xiaomi sedang menjajaki suplayer untuk mendapatkan komponen terkait produksi ponsel layar lipat. Engsel dan layar yang bisa dilipat adalah dua bagian penting untuk ponsel jenis itu.

Dua komponen tersebut sekarang sedang diburu oleh Xiaomi dan Oppo. Mereka memasangkan layar lipat dari pemasok China. Kabarnya, LG akan memenuhi kebutuhan itu untuk Xiaomi dan Oppo.

Oppo dikabarkan tengah mengajukan paten smartphonelipat, seperti konsepsmartphone foldable. Namun ada sedikit perbedaan, karena layar yang ditekuk hanyalah sebesar 25% sampai 35% dari layar secara keseluruhan.

Dengan adanya kamera depan di bagian atas, ada kemungkinan desain tersebut memungkinkan satu kamera yang bisa digunakan sebagai kamera depan atau kamera belakang, mirip seperti Oppo N1 yang punya satu kamera putar yang bisa jadi kamera depan atau kamera belakang.

Tapi karena layarnya bisa ditekuk, mungkin konsep desain Oppo ini akan sedikit mirip dengan desain dari Meizu Pro 7 yang punya layar tambahan di belakang layar, yang memudahkan pengguna untuk “selfie” memakai kamera belakang.

Sekadar informasi, Samsung dikabarkan akan mengeluarkan ponsel layar lipat bernama Galaxy F. Ponsel tersebut kemungkinan akan memakai layar OLED 7,3 inci saat terbuka dan 4,5 inci saat dilipat.

Galaxy F juga akan memakai baterai melengkung dan bahan khusus. Dengan sederet teknologi serta desain yang ditampilkan oleh Samsung, Galaxy F dikabarkan bakal dilego seharga hampir Rp 30 juta.

Samsung diperkirakan akan memperkenalkan Galaxy F pada Mobile World Congress tahun depan. Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan itu akan meluncurkan Galaxy S10 pada ajang Consumer Electronics Show 2019.

Sementara itu, Huawei juga bakal memroduksi ponsel jenis tersebut. Bahkan pabrikan asal China disebut-disebutakan menyalip Samsungsebagai yang pertama meluncurkan ponsel lipat.

Menurut Gizmochina, informasi yang beredar dari analis dan sumber di industri, Huawei dilaporkan sudah satu langkah di depan untuk bersiapmenghadirkan ponsel layar lipatketimbang Samsung.

Pada tahap awal, Huawei akan melepas 20.000 sampai 30.000 ponsel dengan layar flesible ke distributor. Huawei ingin menguji teknologinya sekaligus memancing animo pasar. [BA/HBS]

Sumber: XDA Developers

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks