Telset Editor’s Choice 2018: Best Innovative Smartphone

Telset.id – Di tahun 2018 memang banyak sekali smartphone yang diluncurkan di berbagai segmen. Namun perlu diakui, dari kebanyakan smartphone yang dirilis, hanya beberapa saja yang jadi smartphone paling inovatif yang mempersembahkan sejumlah teknologi dan fitur baru kepada konsumennya.

Kami telah memilih lima kandidat untuk kategori “Best Innovative Smartphone”, yakni Samsung Galaxy Note 9, Vivo V11 Pro, Oppo Find X, Huawei Mate 20 Pro, dan Asus ROG Phone.

Jujur, ini adalah kategori yang cukup sulit untuk memilih siapa juaranya. Namun setelah melalui berbagai perdebatan, akhirnya kami sepakat untuk memilih Samsung Galaxy Note 9 sebagai juaranya.

Smartphone ini ditanamkan beragam inovasi di dalamnya oleh Samsung. Beberapa di antaranya, berhasil menarik perhatian kami, yakni S Pen, spesifikasi yang mumpuni, serta sistem pendingin khusus.

Mari kita bahas satu per satu. S Pen di Galaxy Note 9 telah didukung oleh konektivitas bluetooth, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol ponsel pintar dari jarak jauh dengan maksimal kurang lebih 10 meter.

{Baca juga: Hands-on Samsung Galaxy Note 9: Phablet Besar nan Powerful}

Ada beberapa hal baru yang bisa dilakukan oleh penggunanya, seperti mengambil foto dengan menjadikan tombol di S Pen sebagai shutter, sampai untuk mengatur slide presentasi ketika smartphone berada terhubung ke Samsung Dex.

Berbicara soal Samsung Dex, Note 9 juga telah terintegrasi langsung ke teknologi tersebut. Tidak seperti Note 8 yang perlu Dex Station, Galaxy Note 9 hanya butuh konektor USB-C to HDMI untuk mengubahnya dari smartphone menjadi PC berbasis Android yang mumpuni.

Kemudian spesifikasi yang ditanamkan di dalamnya. Note 9 menjadi salah satu smartphone pertama yang mendukung memori penyimpanan hingga 1 TB dengan bantuan slot microSD.

Ya, phablet ini disematkan RAM 128 GB/512 GB yang dapat diperluas menggunakan microSD sampai 512GB. Jika dikalkulasi, maka Samsung Galaxy Note 9 bisa mempunyai memori penyimpanan sampai 1TB.

{Baca juga: 3 Fitur Utama Galaxy Note 9, Ada Khusus Gaming!}

Meski ditujukan bagi pengguna eksekutif yang ingin bekerja efisien lewat smartphone-nya, namun Note 9 juga sangat mumpuni jika digunakan untuk bermain game berat.

Sebab, Galaxy Note 9 punya sistem pendingin bernama Water Carbon Cooling System. Jadi dengan teknologi tersebut, pengguna Note 9 bisa puas bermain game dan pekerjaan berat tanpa harus khawatir rasa panas mengganggu jalannya permainan.

Lewat teknologi ini juga, kinerja Samsung Galaxy Note 9 bakal terbantu, apalagi dengan adanya teknologi Smart Performance Adjuster yang menyesuaikan performa smartphone secara otomatis.

Samsung Galaxy Note 9 memang jadi juara di kategori “Best Innovative Smartphone” di tahun ini. Namun bukan berarti kandidat lainnya tidak berinovasi kok.

{Baca juga: 5 Fitur Keren di Samsung Galaxy Note 9}

Seperti Vivo V11 Pro misalnya, yang jadi smartphone pertama di Indonesia yang mengandalkan sensor sidik jari di layar. Kemudian Oppo Find X, yang sukses mengadopsi desain benar-benar bezel-less berkat penggunaan teknologi kamera mekanik, di dalam body-nya.

Huawei Mate 20 Pro, smartphone tersebut menjadi yang pertama dengan prosesor 7nm Kirin 980, dan mempunyai teknologi Reverse Wireless Charging alias powerbank wireless bagi smartphone yang mendukung wireless charging.

Lalu, Asus ROG Phone yang jadi smartphone gaming pertama di Indonesia dengan sejumlah fitur, teknologi, serta aksesoris khusus gaming lain yang didukungnya untuk memaksimalkan pengalaman gaming para gamers hardcore di Tanah Air. (FHP)

Telset
Logo
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0