Telset Editor’s Choice 2018: Best Gaming Smartphone

Telset.id – Semua smartphone yang ada saat ini pasti mampu diajak bermain game. Namun, ada segelintir smartphone yang mengukuhkan diri sebagai smartphone gaming yang mumpuni dan mendukung penggunanya untuk bermain game apapun, berkat spesifikasi dan fitur yang dibawa di dalamnya.

Meski demikian, hanya satu smartphone yang menjadi jawara di kategori “Best Gaming Smartphone” pilihan tim redaksi Telset.id.

Smartphone tersebut adalah, Asus ROG Phone, yang sukses mengalahkan tiga kandidat lainnya, yakni Asus Zenfone Max Pro M2, Samsung Galaxy Note 9, dan Pocophone F1.

Asus ROG Phone merupakan smartphone gaming pertama yang dirilis resmi di Indonesia. Smartphone ini mengusung spesifikasi tinggi yang mampu mendukung para gamers untuk bermain game dengan grafis dan kualitas “rata kanan” atau kualitas paling tinggi.

Tak percaya? AnTuTu Benchmark pernah merilis smartphone Android paling kencang untuk periode September 2018. Di daftar tersebut, Asus ROG Phone menjadi juaranya dengan skor AnTuTu mencapai 299.706 poin.

{Baca juga: Akhirnya! Asus ROG Phone Diluncurkan di Indonesia}

Asus ROG Phone ditenagai oleh dapur pacu high-end, yakni prosesor octa-core 2.96 GHz Snapdragon 845, RAM LPDDR4X 8GB, ROM 128GB/512GB, baterai berkapasitas 4,000 mAh yang mendukung teknologi fast charging bernama HyperCharge, serta sistem pendingin GameCool yang bertugas untuk menghilangkan rasa panas dari prosesor dan mendistribusikannya ke body smartphone.

Kalau dilihat dari prosesornya saja, kita bisa tahu bahwa SoC Snapdragon 845 di ROG Phone telah di-overclock. Sebab, 4-core utamanya ditingkatkan kecepatannya dari 2,8 GHz menjadi 2,96 GHz.

Asus ROG Phone memiliki layar berjenis AMOLED berukuran 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 18 : 9. Layarnya juga telah mendukung refresh rate hingga 90 Hz dan response time 1ms pixel untuk memastikan konten yang disajikan bebas dari blur.

Seperti laptop gaming pada umumnya, smartphone itu pun memiliki berbagai aksesoris tambahan untuk menunjang aktivitas gaming penggunannya. Seperti AeroActive Cooler yang mampu menurunkan suhu permukaan smartphone dan prosesor untuk meningkatkan kinerja ROG Phone.

Kemudian ada kontroler GameVice yang dapat ditempelkan di kedua sisi ROG Phone sebagai alat bantu bagi gamers ketika bermain game. Sampai, WiGig Dock yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan game pada layar tambahan dengan latensi rendah.

{Baca juga: 3 Smartphone Gaming Khusus untuk Gamers Hardcore}

Perlu diingat kembali, Asus ROG Phone dipilih berdasarkan penilaian dari beberapa parameter yang telah ditentukan sebelumnya. Meski begitu, ketiga kandidat lainnya tetap bagus kok, karena berhasil masuk ke kategori “Best Gaming Smartphone” dari Telset.id.

Pocophone F1 misalnya, smartphone dengan prosesor Snapdragon 845 paling murah tersebut juga punya sistem pendingin khusus untuk meningkatkan performa dan mengurangi suhu panas saat dipakai bermain game.

Lalu, Asus Zenfone Max Pro M2 yang sudah berjalan di sistem Android murni, yang ditopang oleh prosesor Snapdragon 660 yang diklaim jadi “smartphone gaming murah” dari Asus. Kemudian Samsung Galaxy Note 9, yang disematkan spesifikasi mumpuni dan memiliki sistem pendingin cair di dalamnya untuk mendukung gamers bermain berbagai game berat, seperti Fortnite. (FHP)

Telset
Logo
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0