Siapa Pertama Rilis Chipset 7nm? Ini Jawabannya

Telset.id, Jakarta – Huawei dan Apple sama-sama mengklaim bahwa mereka merupakanbrand pertama yang rilis chipset 7nm. Seperti diketahui, Huawei telah merilis HiSilicon Kirin 980 yang diprediksi akan digunakan pada seri Huawei Mate 20.

Sementara Apple, meluncurkan Apple A12 Bionic yang disematkan pada trio iPhone terbarunya, yakni iPhone Xr, Xs dan Xs Max. Lantas, siapa sebenarnya yang benar-benar menjadi yang pertama meluncurkan chipset 7nm tersebut?

Menurut Product Marketing Manager Huawei Indonesia, Advent Jose, pihaknya bisa dibilang menjadi yang pertama jika dilihat dari sisi pengembangan teknologinya.

Sebab, Huawei telah meluncurkan Kirin 980 di ajang IFA 2018 lalu, yang diselenggarakan di Berlin, Jerman. Selain itu, perusahaan asal China ini sudah mulai merancang hingga mengembangkan Kirin 980 sejak tahun 2015 silam.

Baca Juga: Huawei: Kirin 980 Lebih Baik Dibanding Snapdragon 845

“Secara teknologi, kita yang pertama. Kirin 980 itu diluncurkan pada 30 Agustus di IFA lalu,” jelas Jose, saat ditemui di acara Media Discussion Kirin 980, di Jakarta, Jumat (21/09/2018).

Product Marketing Manager Huawei Indonesia, Advent Jose

Sedangkan Apple, Jose mengakui bahwa perusahaan asal Cupertino, Amerikat Serikat ini telah menjadi brand pertama yang memperkenalkan smartphone dengan chipset 7nm, lewat iPhone Xr, Xs, dan Xs Max yang ditenagai oleh Apple A12 Bionic beberapa waktu lalu.

“Sementara Apple, dia sebagai brand pertama yang memperkenalkan smartphone dengan chipset itu. Jadi untuk teknologi chipset-nya, kita yang pertama,” katanya.

Saat memperkenalkan trio iPhone terbaru, Apple memang mengklaim bahwa Apple A12 Bionic merupakan chipset 7nm pertama yang ada di industri smartphone. Hal ini dinyatakan langsung oleh Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, Philip W. Schiller di acara Apple Special Event, beberapa waktu lalu.

“Apple A12 Bionic adalah chip 7nm pertama di industri,” klaimnya.

Baca Juga: iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max, Apa Bedanya?

Kirin 980 sendiri diprediksi akan digunakan pertama kali pada seri flagship Huawei Mate 20. Smartphone ini rencananya akan diperkenalkan secara resmi di London, Inggris pada Oktober mendatang.

Diungkapkan Jose, suksesor Kirin 970 ini telah ditanamkan sejumlah keunggulan di dalamnya, termasuk hadirnya dual NPU yang mampu meningkatkan performa smartphone, sekaligus memberikan efisiensi baterai yang lebih baik.

“Kirin 980 adalah chipset pertama dengan dual NPU. Kirin 980 memiliki peningkatan performa lebih baik, dan punya efisiensi baterai 40 persen lebih bagus dibandingkan dengan chipset 10nm,” pungkasnya. (FHP)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks