Samsung Galaxy Note 9 vs iPhone X, Siapa Juaranya?

Telset.id – Samsung Galaxy Note 9 resmi menjadi salah satu smartphone flagship dengan harga yang mahal. Bagaimana tidak, di Indonesia saja, phablet terbesar Samsung tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp 13,4 jutaan untuk versi ROM 128GB dan Rp 17,9 jutaan untuk versi ROM 512GB.

Nah kebetulan, ada smartphone flagship lainnya yang dijual dengan rentang harga di atas rata-rata. Smartphone tersebut adalah iPhone X yang dihargai Rp 17,9 juta untuk ROM 64GB dan RP 20,7 jutaan untuk ROM 256GB.

Untuk itu, akan menarik rasanya jika kami melakukan perbandingan antara kedua smartphone tersebut. So, kali ini Tim Telset.id bakal melakukan compare antara Samsung Galaxy Note 9 vs iPhone X di sejumlah sektor seperti layar, performa dan juga kamera. Yuk simak!

Baca Juga: 5 Fitur Keren di Samsung Galaxy Note 9

Layar

Kedua smartphone flagship ini mengusung desain yang benar-benar berbeda. Samsung Galaxy Note 9 mengadopsi desain fullscreen dengan aspek rasio 18,5 : 9, sementara iPhone X menggunakan desain layar berponi atau notch dengan aspek rasio 19 : 9.

Di segi layarnya, Samsung Galaxy Note 9 dibekali dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi maksimal QHD+ (1.440 x 2.960). Sedangkan iPhone X memiliki layar lebih kecil, tepatnya 5,8 inci dengan resolusi 1.125 x 2.436 piksel.

Melansir dari phoneArena, layar iPhone X bisa dibilang lebih unggul dibandingkan Galaxy Note 9. Sebab, dalam urusan menampilkan warna, layar dari smartphone andalan Apple tersebut sedikit lebih akurat.

Secara overall, Samsung Galaxy Note 9 dan iPhone X memiliki kualitas layar yang tak jauh beda. Meski iPhone X lebih unggul untuk urusan menampilkan warna, tapi untuk urusan besar-besaran layar, tentu saja Note 9 jauh lebih unggul, secara smartphone ini menjadi seri flagship terbesar Samsung sampai sekarang.

Performa dan Fitur

Di bagian ini, Samsung Galaxy Note 9 bisa dibilang “menang telak” dari iPhone X. Mengapa? Galaxy Note 9 hadir dengan fitur yang belum pernah ada di iPhone X, bahkan untuk sekelas iPad sekalipun.

Seperti, S Pen canggih dengan kontrol wireless. S Pen pada Galaxy Note 9 telah disematkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE), yang memungkinkan pengguna dapat menggunakannya dalam jarak 9 meter.

S Pen juga dapat digunakan sebagairemote, yang membantu penggunanya untuk mengaturslidepresentasi, bahkan untuk mengontrol video atau musik streaming di YouTube dan aplikasi lainnya.

Fitur lainnya yang tak ada di iPhone X adalah kemampuan untuk “berubah” menjadi desktop. Samsung Galaxy Note 9 mampu menjadi perangkat desktop dengan menghubungkannya ke Samsung DeX ke layar eksternal melalui kabel HDMI.

Di sisi performa, keduanya bisa dibilang punya kekuatan yang hampir setara. Samsung Galaxy Note 9 ditenagai oleh prosesor octa-core 2.7GHz Exynos 9810 atau octa-core 2.8GHz Snapdragon 845, GPU Mali G72 MP18 atau Adreno 630, RAM 6GB/8GB, ROM 128GB/512GB dan baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Sedangkan iPhone X, menggunakan prosesor hexa-core 2.39GHz Apple A11 Bionic, RAM 3GB, ROM 64GB/256GB dan baterai berkapasitas 2,716 mAh. Untuk penggunaan berat, tentu keduanya memberikan kinerja yang bagus dan memberikan pengalaman lebih kepada penggunanya.

Kamera

Secara spesifikasi, Galaxy Note 9 memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom dan 12MP lensa wide-angle dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4. iPhone X juga mengusung konfigurasi kamera ganda dengan resolusi masing-masing 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dan 12MP aperture f/1.8.

Kedua smartphone sama-sama memiliki kamera berkualitas tinggi dengan dukungan OIS di kedua kameranya, sampai ke mode Potrait. Lantas siapa juaranya dalam hal kamera? Bisa dibilang hasilnya sama-sama baik, asal pengambilan gambarnya menggunakan pengaturan otomatis.

Tapi, jika boleh berbicara soal software pada kameranya, Samsung Galaxy Note 9 sedikit lebih unggul dibandingkan iPhone X. Sebab, smartphnoe ini menawarkan banyak fitur untuk meningkatkan kualitas pada foto.

Pemenangnya?

Pada akhirnya, Samsung Galaxy Note 9 berhasil menjadi pemenang dalam adu kuat dengan iPhone X. Alasannya cukup jelas, Note 9 merupakan smartphone yang lebih serbaguna berkat adanya layar yang lebih besar, hadirnya S Pen canggih, sampai kemampuan “merubah diri” menjadi desktop.

Samsung Galaxy Note 9 memberikan pengalaman phablet terbaik bagi para penggunanya. Tapi meski begitu, iPhone X tidak bisa dikatakan kalah sepenuhnya, karena sebenarnya smartphone ini pun mampu mendukung berbagai aktivitas mobile para penggunanya hampir seharian. So, manakah pilihan Anda? (FHP)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks