Qualcomm Sebut iPhone Terbaru Pakai Modem Intel

Telset.id, Jakarta – Sejak 2016, Apple menggunakan modem buatan Qualcomm dan Intel untuk iPhone. Apple memakai modem Qualcomm untuk iPhone CDMA dan modem Intel untuk iPhone GSM.

Seiring perjalanan waktu, Intel terus mengembangkan teknologi, termasuk meningkatkan performa modem. Akibatnya, Qualcomm tidak lagi terima pesanan Appleuntuk perangkat iPhone ke depannya.

CFO Qualcomm menyebut, Apple bakal sepenuhnya menggunakan modem intel untuk iPhone terbaru. Hal itu kontradiktif dengan informasi bahwa Qualcomm akan memasok 30 persen modem untuk iPhone anyar.

Menurut The Inquirer, Kamis (26/7/2018), belum ada konfirmasi dari pihak Apple terkait kabar tersebut. Namun, diyakini modem baru Intel XMM7560 akan dipasang oleh Apple di iPhone keluaran tahun ini.

Belum lama ini, dikabarkan bahwa perseteruan antara Qualcomm dan Apple terkait pelanggaran hak paten modem berpotensi menimbulkan larangan impor beberapa seri iPhone. Qualcomm meminta kepada Komisi Perdagangan International (ITC) untuk melarang impor iPhone.

Selama ini, iPhone memang memiliki modem besutan Intel yang notabene adalah rival Qualcomm. Dalam persidangan di Washington DC, pertengahan Juni 2018 lalu, staf ITC mengatakan bahwa Apple melanggar hak paten Qualcomm terkait teknologi penghemat daya baterai.

Namun Apple membantahnya dan berpendapat bahwa hak paten Qualcomm tidak valid. Oleh karena itu, Apple meminta agar hakim tidak melarang impor iPhone berbasis Intel karena akan terjadi monopoli di bisnis modem di Amerika Serikat. [SN/HBS]

Sumber: The Inquirer

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks