Ngeri! Bukan Cuma Debu, Robot Vacuum Ini juga Bisa Sedot Informasi

Telset.id, Jakarta – Apa jadinya jika kegiatan Anda yang sedang membersihkan rumah tiba-tiba dipantau oleh orang tak dikenal? Ngeri, pastinya, karena artinya ada orang yang tanpa sepengetahuan tengah memata-matai Anda.

Nah, itulah yang mungkin terjadi jika Anda memiliki robot canggih bernama Diqee Camera Robotic Vacuum Cleaner. Robot vacuum yang dibuat dan dijual di China ini memiliki fitur seperti kamera HD 360 derajat, night vision, dan teknologi gelombang suara anti-tabrakan.

Di satu sisi, fitur-fitur tersebut memang bermanfaat untuk menjaga kebersihan rumah, namun firma cybersecurity Positive Technologies mengklaim bahwa perangkat yang terhubung ke internet memiliki dua kerentanan utama.

Pertama, peretas dapat memperoleh akses ke ruang hampa dari jarak jauh dan memindahkan perangkat, dan itu cukup menyeramkan. Mereka juga dapat mengakses kamera untuk menonton Anda, di rumah Anda sendiri. Dan tak hanya itu, seorang ahli cybersecurity mengatakan kepada ThreatPost bahwa perangkat itu dapat digunakan “dalam botnet untuk serangan DDoS atau untuk penambangan bitcoin.”

Masalah keamanan kedua adalah melibatkan peretasan ke perangkat secara fisik. Dimana ini bisa memungkinkan siapa saja yang bisa mendapatkan vacuum tersebut mengakses informasi pribadi lainnya melalui jaringan WiFi. Pendek kata, mereka bisa menyedot data pribadi Anda, dan bukan debu dan kotoran sebagaimana mestinya. Hiii….

Untuk saat ini, Anda yang benar-benar membutuhkan robot pembersih ini untuk membantu pekerjaan rumah mungkin bisa tetap menggunakannya. Paling tidak sampai perusahaan pembuat bersedia untuk berkomentar perihal dugaan ini. Tapi satu hal yang perlu diingat, pikirkan baik-baik apa yang Anda lakukan di depan ruang hampa.

Sumber : Mashable

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks