iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max, Apa Bedanya?

Telset.id, Jakarta – Apple telah resmi merilis tiga seri iPhone terbaru sebagai suksesor iPhone X. Ketiganya adalah iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max yang mengandalkan sejumlah fitur dan teknologi terbaru.

Ketiga iPhone ini sama-sama dikemas dengan desain yang hampir serupa dengan iPhone X, termasuk ukuran notch serta teknologi TrueDepth Camera untuk kebutuhan Face ID. Lantas apa sebenarnya perbedaan iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max?

Setidaknya, kami melihat ada 7 perbedaan antara iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max. Pertama, tentu saja adalah harganya.

iPhone Xr menjadi seri “paling murah”, karena dibanderol dengan harga USD 749 atau sekitar Rp 11 jutaan. Sementara iPhone Xs, dihargai USD 999 atau Rp 14,7 jutaan, sedangkan iPhone Xs Max menjadi seri paling mahal dengan harga USD 1099 atau Rp 16,2 jutaan.

Baca Juga: iPhone Xs, Suksesor Sempurna iPhone X

Kemudian, ukuran dan jenis layar. iPhone Xr mengusung layar berjenis LCD berukuran 6,1 inci dengan teknologi Liquid Retina beresolusi 1.792 x 828 piksel. Sementara iPhone Xs, memiliki layar OLED berukuran 5,8 inci, dan iPhone Xs Max punya layar berukuran 6,5 inci. Layar kedua smartphone ini berteknologi Super Retina dengan resolusi 2436 x 1125 piksel.

Apple juga memberikan “sentuhan” berbeda untuk body ketiga smartphone-nya. iPhone Xr dikemas dengan frame berbahan dasar aluminium dan body yang dilapisi oleh kaca. Berbeda dengan iPhone Xs dan Xs Max yang dibangun dengan frame berbahan dasar stainless steel, meski body-nya sama-sama dilapisi oleh kaca.

Apple memang mengklaim bahwa iPhone Xr, iPhone Xs dan iPhone Xs Max ditenagai oleh SoC yang sama, yakni Apple A12 Bionic. Namun sebenarnya, ada perbedaan yang cukup signifikan di sisi spesifikasi ketiga iPhone ini.

Baca Juga: Smartphone Murah Apple Diluncurkan, iPhone Xr

Kemampuan baterai misalnya, iPhone Xr diklaim punya baterai yang mampu bertahan 90 menit lebih baik dibandingkan iPhone 8 Plus. Sedangkan iPhone Xs dapat digunakan 30 menit lebih lama daripada iPhone X, dan iPhone Xs Max 90 menit lebih tahan lama dibandingkan baterai iPhone X.

Begitu juga dengan kapasitas memori internal. Apple menyematkan memori internal maksimal hingga 512GB untuk duo iPhone Xs dan Xs Max. Namun untuk iPhone Xr, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut cuma memberikan memori internal maksimal hingga 256GB saja.

Perbedaan yang paling terlihat adalah sektor kamera. iPhone Xs dan Xs Max punya kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 12MP lensa wide-angle aperture f/1.8 dan 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom. Tapi untuk iPhone Xr, kameranya tertinggal jauh teknologinya, karena cuma mengandalkan satu kamera wide-angle aperture f/1.8 saja.

Baca Juga: 5 Fitur iOS 12 Paling Keren yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan terakhir adalah, jadwal ketersediaannya. Apple memulai program pre-order untuk iPhone Xs dan Xs Max pada 14 September dan menjualnya secara resmi pada 21 September mendatang. iPhone Xr, tersedia secara pre-order pada 19 Oktober, dan akan dijual secara resmi pada 26 Oktober mendatang. (FHP)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks