Hands-on Oppo F9, “Pengaruh Baru” Smartphone Berponi

Telset.id, Jakarta – Oppo F9 resmi diperkenalkan di Indonesia. Smartphone ini bisa dibilang sebagai “pengaruh baru” di ranah smartphone selfie sekaligus smartphone berponi.

Ada beberapa alasannya, salah satu di antaranya adalah desain dan teknologi Oppo F9 yang jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya, bahkan dibandingkan smartphone “berponi” kelas menengah lainnya.

Nah, tentu menarik untuk membahas smartphone ini, khususnya dalam segi desain dan spesifikasi serta fiturnya.

So, kali ini Tim Telset.id akan mengulas secara singkat seperti apa smartphone tersebut, lewat hands-on Oppo F9 berikut ini.

Baca Juga: Resmi! Oppo F9 Dirilis di Indonesia dengan “Waterdrop Notch”

Desain

Oppo sukses mengemas Oppo F9 terlihat lebih berbeda dan punya karakter, dibandingkan smartphone berponi atau yang punya notch lainnya. Alasannya, F9 memiliki notch dengan desain “waterdrop” yang menjadi tempat bagi kamera depannya.

Sesuai namanya, notch waterdrop itu berbentuk seperti tetesan air dan tentu saja berukuran kecil, dibandingkan notch seri sebelumnya, Oppo F7. Selain menjadi tempat untuk kamera, notch ini menjadi tempat untuk sensor proximity, dan ada juga earpiece di bagian atasnya.

Baca Juga: Catat! Ini Dia 5 Ponsel yang Sukses Cetak Sejarah

Masih di bagian depan, Oppo F9 juga punya bezel yang lebih tipis di setiap sisinya, khususnya bagian bawah. Sehingga smartphone ini terlihat lebih “fullscreen”, karena rasio layarnya yang lebih besar dengan persentase 90,8%.

Pindah ke bagian belakang, Oppo F9 juga mengusung desain yang benar-benar baru. Seperti pilihan warna misalnya, Oppo F9 memiliki tiga pilihan warna, yakni Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple.

Warna gradasi ini punya efek terang ke bagian bawah, dan cenderung gelap di bagian atasnya. Menariknya, ada pola menyerupai berlian yang tampak jelas di sudut-sudut tertentu.

Warna tersebut dipadu dengan body berbahan dasar polycarbonate yang dilapisi tempered glass, sehingga menjadikan body Oppo F9 punya daya tarik tersendiri. Karena warnanya punya efek gradasi, tentu saja ketika smartphone dipindahkan posisinya, warna tersebut akan bergeser dengan sendirinya.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Oppo F9, Desainnya Menawan!

Desain berbeda juga bisa ditemukan pada bagian kameranya. Akhirnya Oppo memberikan konfigurasi kamera ganda untuk jajaran F Series yang diwakili oleh Oppo F9. Desain frame kameranya horizontal dan diletakkan di sisi kiri atas smartphone.

Well, kami nilai Oppo telah sukses membuat Oppo F9 memiliki keunggulan mutlak dalam hal desain dibandingkan smartphone berponi lainnya yang beredar di Indonesia. Keunggulan tersebut adalah desain yang punya karakter, dan itu sangat baik menurut kami.

Spesifikasi

Oppo F9 mengusung layar berukuran 6,3 inci resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 19,5 : 9. Layar itu lebih besar dibandingkan Oppo F7 yang hanya berukuran 6,23 inci dan aspek rasio 19 : 9 saja.

Walaupun demikian, untuk urusan mesin utamanya, Oppo F9 masih mengandalkan spesifikasi yang sama dengan F7. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core 2.0GHz Mediatek Helio P60, GPU Mali-G72 MP3, RAM 4GB, ROM 64GB, serta baterai berkapasitas 3,500 mAh.

Namun, ada dua hal baru yang disematkan Oppo pada F9, yakni teknologi VOOC Flash Charge yang mirip Oppo Find X dan sistem operasi terbaru, Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.

Oppo mengklaim, VOOC Flash Charge Oppo F9 memungkinkannya bisa digunakan untuk telepon selama 2 jam, meski hanya di-charge selama 5 menit saja.

Sementara untuk ColorOS 5.2, memiliki sejumlah fitur baru. Misalnya saja, Game Space yang memberikan pengalaman lebih baik ketika pengguna bermain game, karena smartphone akan dioptimalkan terlebih dahulu sebelum game dijalankan.

Kemudian, ada fitur bernama Smart Bar. Fitur ini, memungkinkan pengguna untuk mengakses sejumlah aplikasi secara bergantian, membalas pesan, mengambil screenshot hingga memindahkan data, meski sedang memutar video ataupun bermain game.

Untuk kameranya, Oppo F9 disematkan kamera depan yang sama seperti Oppo F7, yakni beresolusi 25MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX578. Meski begitu, kamera depan tersebut sudah didukung dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence terbaru, AI Beauty Technology 2.1 dan juga fitur AR Sticker.

Baca Juga: Berkualitas, Ini Hasil Jepretan Kamera Oppo F9

Sekedar informasi, AI Beauty Technology 2.1 mampu memindai 296 titik spesifik pada wajah dan memberikan 8 juta kombinasi skema beautification. Dengan kemampuan seperti itu, foto selfie dari Oppo F9 pun terlihat lebih natural.

Sedangkan kamera belakangnya, digunakan kamera beresolusi 16MP aperture f/1.85 dan 2MP aperture f/2.4 yang juga didukung teknologi berbasis AI. Kamera tersebut mampu mendeteksi 16 skenario foto berbeda yang dapat menyesuaikan pengaturan kamera sesuai skenario foto.

Well, meski sebagian spesifikasi Oppo F9 masih sama dengan F7, namun Oppo menambahkan beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan performa smartphone ini. Setidaknya, membuat Oppo F9 lebih berbeda feel-nya dibandingkan Oppo F7 ketika digunakan. (FHP/HBS)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks