Dua Tahun Dirilis, LG G5 Akhirnya Dapat Android 8.0 Oreo

Telset.id, Jakarta –Ada kabar gembira bagi pengguna ponsel LG G5, karena akhirnya mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Pembaruan ini bersifat internasional sehingga pengguna di seluruh dunia bisa mencicipi Android Oreo.

Dilansir Telset.id dari PhoneArena,Senin (08/10/2018), pengguna yang memiliki LG G5 dengan nomor model H850 dapat memenuhi syarat untuk dilakukan pembaruan.

Namun pembaruan ke Android 8.0 Oreo sendiri masih misterius. Dikabarkan pembaruan tersebut berisi patch keamanan dan Project Treble yang berguna untuk melakukan upgrade OS Android 8.0 Oreo. Sedangnya fitur yang lain belum dapat diketahui.

Rencana adanya Android 8.0 Oreo sendiri telah ada sejak Maret lalu. Dikabarkan operator seluler T-Mobile memastikan akan merilis pembaruan Android 8.0 Oreo untuk beberapa smartphone lama LG seperti seri G5 dan V20.

Baca juga: Gara-gara Samsung, Divisi Ponsel LG “Tekor”

Kala itu, pihak T-Mobile mengatakan masih mengembangkan perangkat tersebut ke ponsel LG sebelum merilisnya. Adanya pembaruan Android tersebut tampaknya tidak bisa terlepas dari angka penjualan ponsel tersebut.

Bahkan berdasarkan forum XDA Developers ponsel LG G5 menjadi bukti kegagalan LG dalam hal penjualan. Tidak hanya itu banyak orang yang berasumsi bahwa LG akan menyerah untuk memperbaruhi perangkat dengan versi utama juga.

Seri LG G5 SE juga mengalami hal serupa. Bahkan ponsel yang mulai dijumpai di pasaran sejak Mei 2016 lalu mengalami penurunan harga. Awalnya harga dipatok pada angka Rp 8,5 juta. Kemudian pada Januari 2017 angka menurun menjadi Rp 7 juta.

Baca juga: Sah! Android 8.0 Oreo Diluncurkan

Kabarnya pun ponsel tersebut turun hingga Rp 6 Juta. Selama 2 tahun sejak peluncuran memang LG G5 belum melakukan pembaruan perangkat. Diketahui jika awalnya ponsel tersebut menggunakan Android Marshmallow.

Android 8.0 Oreo sendiri diperkenalkan Google pada Agustus 2017 lalu. Dikutip dari situs resmi Google, pembaruan Android Oreo akan hadir di beberapa perangkat khusus seperti seri Nexus 5X atau 6P dan juga Google Pixel serta beberapa perangkat yang telah terdaftar di Android Beta Program.

Tak hanya itu saja, nantinya juga Google akan mengunggah Android Oreo ke situr Android Open Source Project (AOSP) per hari ini.

Android Oreo sendiri memiliki berbagai fitur terkini seperti picture-in-picture, notification dots, supersonic speed, emoji yang telah diperbarui termasuk ada 60 emoji baru, Google Play Project, autofill serta dukungan untuk Android Instant Apps. [NM/HBS]

Sumber: PhoneArena

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications    Ok No thanks