Digempur Empat Brand Global, Advan Masih Tetap Optimis di Pasar Indonesia

Telset.id, Jakarta – Menurut International Data Corporation (IDC), pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit pada kuartal kedua 2018, pertumbuhan 22% dari kuartal ke kuartal (QoQ) dan 18% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menandai pengiriman tertinggi yang pernah tercatat di Indonesia.

Sementara 5 perusahaan teratas terus mendominasi pasar smartphone lokal dengan lebih dari 85%, tingginya jumlah pengiriman salah satunya lonjakan pengiriman Xiaomi.

Jumlah pengiriman Xiaomi naik signifikan yang sebelumnya hanya 3% naik meroket menjadi 25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ini yang membuat Xiaomi duduk diurutan dua. Hal ini hanya berbeda sekitar 2% dari pemegang pimpinan Samsung dengan jumlah pengiriman 27%. Samsung mengalami penurunan 5% dari periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan untuk posisi ke tiga dan empat masih dipegang Oppo dan Vivo yang masing-masing memiliki 24% dan 9%. Keduanya memang memiliki konsep dengan kampanye pemasaran yang sangat agresif dan margin keuntungan yang menguntungkan bagi mitra penjualan mereka.

Hal ini menyebabkan gangguan di pasar, langsung mendorong pangsa pasar smartphone kelas menengah karena konsumen yang mencari untuk meningkatkan smartphone mereka.

Selanjutnya ada brand nasional Advan yang menduduki peringkat kelima dengan jumlah pengiriman 6%. Advan mengalami penurunan jumlah pengiriman 3% dari periode yang sama tahun lalu.

Menyikapi penurunan tersebut, Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan mengatakan, berdasarkan data IDC Advan memang mengalami penurunan, namun hal ini tidak menyebabkan kami berkecil hati, kami tetap optimis dengan mengeluarkan produk-produk dengan inovasi terbaru dengan harga yang sangat terjangkau tetapi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Kami akan mengeluarkan produk yang sesuai dan diinginkan pengguna Indonesia. Salah satunya akan akan memberikan layanan Youtube gratis selama satu tahun di salah satu produk yang akan kami luncurkan,”ujar Tjandra saat di temui Telset.iddi daerah Kuningan Jakarta, Jumat (7/92018).

Selain memastikan akan merilis ponsel dengan layanan Youtube gratis dalam waktu dekat ini, Advan pun mengungkapkan tengah menggarap sebuah ponsel yang khusus gaming yang akan diperkenalkan pada waktu mendatang.

“Jadi buat masyarakat Indonesia, tunggu saja peluncuran kedua perangakat tersebut. Advan sebagai brand lokal kebanggaan Indonesia akan selalu konsisten meluncurkan produk yang memang dekat dengan masyarakat Indonesia tetapi dengan harga yang sangat terjangkau,” pungkasnya. (MS)

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks