Demi Pertahankan Posisi, Canon Rela “Jeruk Makan Jeruk”

Telset.id, Jakarta – Sebagai pemimpin pasar di bidang kamera, Canon dikenal memiliki berbagai jenis produk kamera, mulai dari segmen bawah, menengah hingga atas. Meski menjadimarket leader, namun Canon juga harus berjuang mempertahankan posisinya, terutama pada segmen kamera premium seperti Mirrorless dan SLR.

Salah satu strategi yang dilakukan Canon adalah dengan meluncurkan produk kamera mirrorless full frame tipe EOS R dengan segudang fitur canggih, yang notabene mirip dengan fitur kamera SLR digital (DSLR).

Meski dianggap cukup efektif, namun bukan berarti tanpa resiko. Pasalnya, langkah ini diakui seperti “jeruk makan jeruk”, karena bisa menggerogoti pasar kamera DSLR premium Canon yang sudah ada.

Baca Juga: Jago Potrait! Begini Hasil Kamera iPhone Xs

“Sebenarnya kalau dibilang memakan pasar DSLR ya pasti memakan. Tapi kalau mau melihat banyak kebutuhan di sana, ini suatu pilihan,” ujar Canon Division Manager PT Datascrip Sintra Wong di Jakarta, baru-baru ini.

Walaupun pilihan tersebut terasa pahit, namun ini dinilai harus dilakukan untuk menarik kembali para penggemar Canon yang terlanjur membeli kamera mirrorless full frame merek lain.

Menurutnya, salah satu alasan orang membeli merek lain adalah karena merasa kamera DLSR Canon terlalu berat untuk kebutuhan mereka yang memiliki mobilitasnya tinggi.

Kendati memilih merek kamera lain karena Canon belum memiliki produk sejenis, namun Sintra menyatakan para fotografer professional tetap menggunakan lensa buatan Canon. Ini karena fitur dan kualitas lensa Canon dianggap masih lebih baik dari lensa merek lain atau bawaan kamera lain.

“Kenapa kami gak mengeluarkan kamera ini (EOS R)? karena mereka juga menggunakan lensa Canon juga, ya kami mengeluarkan ini untuk menjawab kebutuhan itu,” imbuh Sintra.

Dia optimistis produk ini bakal diminati pasar walau bergesekan pasar dengan DSLR. Alasannya fotografer yang sudah memiliki DSLR juga membutuhkan alternatif kamera lain yang lebih ringkas, ringan dan tipis.

“Kamera jenis ini dibutuhkan untuk menggarap proyek-proyek luar ruang, seperti landskap atau acara outdoor perkawainan, pesta dan lainnya,” sebutnya.

Baca Juga: Smartphone Empat Kamera Samsung, Rilis Bulan Depan?

Selain itu, lanjut dia, kamera mirrorless Full Frame ini memiliki fitur unggulan seperti kemampuan autofokus paling cepat dan bisa menghasilkan foto bagus walaupun dalam kondisi kurang pencahayaan alias gelap, karena disematkan lensa ukuran 50mm dengan teknologi khusus.

“Itu salah satu yang belum bisa dikejar merek lain, lalu autofokus tercepat untuk kamera mirrorless. Dari segi video sendiri, file yang dihasilkan lebih ringan dengan format MOV untuk prosesingnya,” pungkas dia. [WS/HBS]

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks