Apple Daftarkan Paten “Anti Gosong” untuk Apple Watch

Telset.id, Jakarta – Sejak kali pertama dihadirkan, smartwatch Apple Watch belum memiliki mode Always-On Display. Padahal, mode tersebut sudah dipakai oleh smartwatch keluaran brand lainnya.

Seperti diketahui, mode Always-On Display memungkinkan layar perangkat khususnya smartwatch untuk menyala secara terus-menerus. Dengan mode ini, smartwatch bisa tetap menampilkan informasi kepada pengguna.

Namun mode ini kerap mendapatkan masalah yang “cukup merusak”. Masalah yang dimaksud adalah layar OLED pada smartwatchterkadang mengalami burn-in atau terbakar. Sebab, mode Always-On bekerja terus untuk menampilkan beragam konten maupun informasi pada layar smartwatch.

Baca Juga: Akan Rilis iPhone Baru, Saham Apple Langsung Naik

Dilansir dari 9to5mac, Rabu (05/09/2018), Apple sudah mendaftarkan paten burn-in yang dinilai mampu mencegah masalah burn-in di layar OLED pada smartwatch, khususnya Apple Watch. Teknologi tersebut akan menyimpan statistik data penggunaan, yang kemudian akan ditampilkan pada layar Apple Watch.

Dengan cara itu, layar OLED bisa mengembalikan keseragaman visual dan mengurangi kemungkinan efek burn-in. Walaupun demikian, teknologi tersebut masih memiliki kekurangan yang harus disempurnakan oleh Apple. Kekurangan itu adalah masalah kapasitas penyimpanan yang diperlukan ketika teknologi digunakan.

Baca Juga: Samsung Kembangkan Layar OLED Anti Pecah

Apple sendiri belum lama ini dikabarkan akan segera merilis smartwatch terbarunya, yakni Apple Watch 4. Peluncuran dilakukan pada 12 September 2018, bertepatan dengan jadwal rilis tiga seri suksesor iPhone X.

Dilaporkan, Apple Watch 4 bakal mengusung sejumlah teknologi canggih. Salah satu di antaranya adalah kemampuan untuk mampu membaca indeks sinar ultra violet dengan skala mirip dengan yang digunakan oleh WHO dan EPA.

Baca Juga: Desain Apple Watch Series 4 Terungkap, Ukurannya Lebih Besar

Informasi menyebut, fitur itu akan memberi tahu manakala kulit memerlukan tabir surya sebelum pengguna beraktivitas di luar ruangan. Jika skala berada di angka 6 hingga 7, kulit perlu diberi tabir surya saat pengguna di luar ruangan. (SN/FHP)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks