Aman dari “Blue Screen of Death” Berkat ECC Memory

Telset.id, Jakarta – Lenovo baru saja memperkenalkan seri Mobile Workstation terbaru di Indonesia, yakni Lenovo ThinkPad P1. Diungkapkan Technical Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari, laptop tersebut telah mendukung teknologi ECC Memory. Lantas apa gunanya?

Dijelaskan Azis, ECC Memory merupakan kependekan dari Error Correcting Code. Teknologi ini biasanya kerap ditemui di PC hingga server base, karena perangkat tersebut mempunyai kapasitas memori yang besar.

Sesuai namanya, ECC Memory mampu melakukan koreksi jika terdapat error atau kesalahan yang terjadi pada memori internal ketika adanya data yang rusak saat sistem sedang berjalan. Dampak dari error tersebut biasanya berupa Blue Screen of Death atau BSOD.

Baca Juga: Mengapa Memori RAM Tidak Harus Dihapus?

“Apa yang bisa dilakukan ECC Memory? Bisa melakukan koreksi jika ada kesalahan 1-bit yang error,” jelasnya, saat peluncuran Lenovo ThinkPad P1, di Jakarta, Rabu (26/09/2018).

Technical Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari

Ia menyatakan, bagi pengguna perangkat dengan memori berkapasitas besar dan mendukung teknologi ECC Memory, kemungkinan besar akan sangat jarang mengalami kejadian BSOD. Walaupun demikian, Azis mengatakan ECC Memory sama sekali tidak dapat mengatasi hard error, melainkan hanya soft error saja.

Baca Juga: Acer Swift 5, Laptop Ringan dengan Spek Garang

“Bukan hard error seperti modul memori yang rusak, melainkan soft error yang bisa diatasi oleh ECC Memory,” katanya.

Selain mendukung ECC Memory, Lenovo ThinkPad P1 sendiri mengusung layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi maksimal 4K (3.840 x 2.160 piksel) yang mendukung teknologi Adobe Color Gamut.

Untuk dapur pacunya, Lenovo ThinkPad P1 memiliki dua jenis prosesor, masing-masing 6-core Intel Xeon E-2100M dan 6-core Intel Core i9. Dua jenis prosesor ini merupakan Intel generasi ke delapan atau disebut dengan Kaby Lake.

Baca Juga: Lenovo ThinkPad P1 Diluncurkan, Workstation dengan Intel Xeon

Disematkan juga RAM hingga 64GB, memori internal yang mendukung Dual M.2 NVMe hingga 4TB, serta dua tipe GPU, yaitu Nvidia Quadro P1000 dan P2000. ThinkPad P1 juga telah mempunyai dua sistem keamanan, yakni sensor sidik jari dan kamera infrared yang mendukung Windows Hello. (FHP)

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Telset.id
      Logo
      Register New Account
      Reset Password
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0
      Enable Notifications.    Ok No thanks